Bab 1 Interaksi Sosial (materi smk kls XI)

SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL

Syarat terjadinya interaksi social yang pokok adalah 3 yaitu :

1. Kontak Sosial
Kontak social meruppakan awal terjadinya interaksi social dan masing-masing pihak saling berinteraksi meskipun tidak bersentuhan secara fisik. Jadi kontak tidak harus selalu berkomunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari dikenal beberapa macam kontak social yaitu :

1. menurut cara yang dilakukan
a. kontak langsung
b. kontak tidak langsung

2. menurut proses terjadinya atau tingkat hubungannya
a. kontak primer
b. kontak sekunder

3. menurut sifat
a. konntak positif
b. kontak negative

2. Komunikasi
Komunmikasi merupakan pengiriman pesan dan penerimaan pesan dengan maksud untuk dapat difahami. Proses komunikasi terjadi pada saat kontak social berlangssung. Orang yang menyampaikan komunikasi disebut sebagai komunikator, sedangkan orang yang menerima komunikasi disebut komunikan.

3. tiundakan Sosial
Tindakan social adalah tindakan yang mempengaruhi individu lain dalam masyarakat dan merupakan tindakan bermakna yaitu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan keberadaan orang alin.
Berdasarkan cara dan tujuan yang akan dilakukan, maka tindakan social dapat dibedakan menjadi empat yaitu ”
a. Tindakan Rasional Instrumental
tindakan rasional instrumental adalah tindakan social yang dilakukan oleh seseorang dengan memperhitungkan kesesuaian cara yang digunakan, lalu tujuan apa yang hendak dicapai dalam tiundakan itu.

b. Tindakan Rasional Berorientasi Nilai
tindakan rasional berorientasi nmilai ini merupakan tindakan yuang begitu memperhitungkan cara.

c. tindakan tradidional
tindakan tradisional meruakan tindakan yang tidak memperhitungkan ertimbangan rasional. Tindakan ini hanya dilaksankan karena pertimbangan adapt dan kebiassaan.

d. tindakan afektif
tindakan afektif seringkali dilakukan tanpa suatu perencanaan matang dan kesadaran penuh. Tindakan ini muncul karena dorongan perasaan atau emosi dalam diri pelaku.

BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL

Dalam prosesnya interaksi social menghasilkan dua bentuk yaitu proses social asosiatif dan disosiatif.
1. proses atau Interaksi Sosial Asosiatif
Proses social atau interaksi yang bersifat asosiatif adalah proses social yang membawa kearah persatuan dan kerjasama. Proses ini disebut juga sebagai proses yang positif. Beberapa proses social yang bersifat asosiatif adalah :

a. akulturasi (acculturation)
akulturasi atau culture contact (kontak kebudayaan) merupakan proses social yang timbul akibat suatu kebudayaan menerima unsure suatu kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.

b. Asimilasi
proses asimilasi terjadi aabila dalam masyarakat terdapat perbedaan kebudayaan diantara kedua belah pihak, ada proses saling menyesuaikan, ada interaksi intensif antara kedua belah pihak.

c. kerjasama (cooperation)
kerjasama merupakan bentuk yang paling utama dalam proses interaksi social karena interaklsi social yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang bertujuan unutk memenuhi kepentingan atau kebutyuhan bersama. Kerjasama dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :

1. kerjasama spontan, yaitu kerjasama yang timbul secara sobtan.
2. kerjasama langsung, yaitu kerjasama yang terjadi karena adanya perintah dari atasan.
3. kerjasama kontrak, kerjasama yang terjadi atas dasar ketetntuan tertentu yang disetujui bersama untuk jangka waktu tertentu.
4. kerjasama tradisional, yaitu kerjasama yang terbentuk karena adanya system tradisi yang kondusif. Kerja sama ini merupakan unsure kerukunan dari system social.

d/. Akomodasi
akomodasi dapat diartikan sebagai suatu proses usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan atau memecahkan konflik dalam rangka mencapai kestabilan.

2. proses atau Interaksi Sosial Disosiatif
Interaksi social disosiatif merupakan interaksi social yang membawa kearah perpecahan. Ada beberapa bentuk interaksi social disosiatif yaitu :

a.Konflik social atau pertentangan
Konflik dapat diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebiuh, maupun kelompok berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

b. persaingan(competition)
persaingan merupakan suatu proses social yang melibatkan individu atau kelompok dalam mencapai keuntungan melalui bidang kehidupan yang pada suatu saat tertentu menjadi pusat perhatian umum, tanpa ancaman, atau kekerasan.

c. kontravensi
kontravensi merupakan suatu proses social yang posisinya berada diantara persaingan atau konflik. Kontravensi dapat berwujud sikap tidak senang, baik secara terbuka maupun sembunyi-sembunyi.

KEPRIBADIAN

1. Pengertian Kepribadian
Kepribadian merupakan cirri watak seseorang yang bersifat hakiki yang tercermin dari sikap seseoarang dan dapat membedakannyadengan ikndividu lain. Kepribadian dipengaruhi oleh factor biologis, sosiologis, dan psikologis.

2. Faktor Pembentuk Kepribadian
Factor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian yaitu factor pembawaannya(keturunan, warisan), factor lingkungan fisik (tempat tinggal), factor kelompok (teman sepermainana), factor kebudayaan kgusus (budaya daerah), dan factor pengalaman yang unik.

3. Thap-tahap Perkembangan Kepribadian
a. Fase Pertama
fase ini dilalu seseorang individu diusia 1-2 tahun. Dimasa ini seorang individu mulai mengenal diri dan lingkungan disekitarnya.
b. fase kedua
fase kedua dilalui oleh seseorang antara usia 3-24 tahun. Di fase ini seorang mulai berkembang karakter kepribadiannya sesuai dengan tie lingkungan dimana dia tinggal.
c. fase ketiga
fase ini terjadio antrara 26-28 tahun. Pada masa ini seorang individu sudah mmulai mempunyai perkembangan kepribadian yang yang relative tetap yaitu dengan terbentuknya periolaku yang khas sebagai perwujudan kepribadian yang bersifat abstrak.

This entry was posted in materi pelajaran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s